يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً 

“Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah rasul serta ulil amri di antara kalian. Kemudian apabila kalian berselisih tentang suatu perkara maka kembalikanlah kepada Allah (al-Qur’an) dan rasul (As Sunah) jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir. Hal itu lebih baik untuk kalian dan lebih bagus hasilnya.”

(QS. An Nisaa’ [4]: 59)

Selasa, 06 April 2010

KARAKTER

Seorang salik yang sedang patah hati dipanggil oleh Guru nya.lalu salik tersebut segera menghadap Sang Guru.setelah sampai di dalam kediaman Gurunya salik itu segera disambut dengan sebuah pertanyaan yang mengejutkan;

MAHA GURU: “hei anak muda,kenapa kuperhatikan beberapa waktu ini mukamu merengguuuut terus,masalah apa kiranya yang memberatkanmu?”.

SALIK
: “a…ampun Guru…aku hanya sedang sedikit sedih ,,impianku telah hancur..semua yang kubangun sudah berantakan..pupus sudah harapan saya Guru..”

MAHA GURU
: “lantas..kau mau apa??...menyerah??...bunuh diri???...atau lari???....kalau lari,mau lari kemana kau?...”

(Salik itu hanya terdiam seribu bahasa,menunduk dan meneteskan air mata.)

MAHA GURU
: “aku punya jam emas, tanpa battery ,anti air…kata orang sih mahal,waktu baru aku beli harganya 5 juta ,,sekarang coba kau lihat jam ini !!” (sambil menyodorkan jam tangan emas tersebut kepada saliknya)

(Lalu salik itupun langsung menyambutnya,dan memperhatikan jam itu dengan seksama di setiap bahagiannya)

MAHA GURU: “sewaktu jam itu masih baru,harganya 5 juta ,masih licin,masih bau toko ,masih di dalam kotak ,sekarang jam itu sudah saya pakai selama 3 tahun belakangan ini .lapisanya sudah bercampur dengan keringat ku,seandainya jam itu dijual lagi ke toko, apakah apakah toko itu masih mau membelinya dengan harga 5 juta? ”

SALIK: “tentu saja Guru mereka pasti mau, karena walaupun jam ini sudah tidak baru lagi, jam ini terbuat dari emas dan harganya pasti akan terus naik mengikuti harga emas, dan mungkin sekarang harganya sudah lebih dari 5 juta ”



MAHA GURU
: “bagus,,ternyata mengerti juga kau..ku kira kau masih bodoh 100% ,ternyata sudah berkurang 5% bodohmu”

(si salik pun tersenyum mendengar ucapan Maha Guru nya)

MAHA GURU:”bila jam ini terbuang ke tempat sampah yang bau,terkena tanah lalu diambil lagi,dan kemudian dibawa ke toko emas untuk dijual ,apakah toko emas masih mau mebayarnya dengan harga 5 juta?”

SALIK: “tentu saja Guru ,karena nilai emasnya tidak akan berkurang hanya karena terkena tanah dan sampah.”
(Maha Guru hanya tersenyum kecil)

MAHA GURU
: bila jam itu terjatuh dan tertendang hingga terseret di lantai sejauh 10 meter,lalu diambil lagi. Bukankah toko emas masih tetap mau membelinya dengan harga 5 juta?”
(si salik tersebut hanya mengangguk-anggukan kepala mencoba mengerti apa yang sebenarnya Sang Maha Guru ingin sampaikan)

MAHA GURU: sekarang coba kau lihat jam emas imitasi (palsu) yang satu lagi (sambil mengeluarkan jam emas imitasi yang sama bentuknya)……..jam ini baru satu bulan ku beli dengan harga 100ribu ,seandainya jam ini sekarang ku lapisi dengan pewarna emas yang lebih tebal lagi,lalu kumasukan ke dalam kotak jam emas yang asli,dan kau bawa ke toko emas untuk dijual,,,apakah toko emas mau membelinya dengan harga 5 juta?

SALIK: “mohon ampun Guru,tentu saja mereka tidak mau Guru ,mereka tau yang mana emas asli ,dan yang mana emas palsu”

(Lalu Sang Maha Guru berkata):
“itulah yang dimaksud dengan KARAKTER, emas yang asli dan emas yang palsu meski dengan kasat mata terlihat sama tetapi nilai intristiknya berbeda.
Begitu juga dengan KARAKTER dalam setiap diri seseorang, bagaimanapun orang itu,bagaimanapun fisiknya ,wanita atau pria ,bila memang dia memiliki karakter yang baik,bagaimanapun keaadaanya pada saat itu gembira atau sedih dan kecewa, dia akan selalu terlihat baik .
begitupun sebaliknya ,bila orang tersebut sudah memiliki karakter dasar yang licik ,jahat ,tak punya pendirian ,suatu masa cepat atau lambat akan terlihat jelas semua sifat dasarnya.
karakter itu adalah sesuatu yang tidak kasat mata tapi bisa dinilai dengan perasaan orang yang dekat di sekeliling kita.mungkin kita yang sering tak menyadarinya.
Kau hanya tinggal memilih,kau ingin membentuk karakter yang seperti bagaimana.semua bisa kau bentuk sesuai dengan kemauan mu, bila kau terbiasa menyalahkan orang lain,maka kau akan selalu demikian ,semua orang akan terlihat buruk dimatamu ,dan kau tak akan pernah tau apa kekuranganmu,karena kau sendiri yang tak mau tau itu.
Bila kau tak setia ,maka cepat atau lambat kau akan segera bosan dengan benda,orang ,pekerjaan yang sedang bersamamu saat ini ,akan selalu seperti itu.
Namun,bila memang kau memiliki karakter bag seorang ksatria, bagaimanapun keadaan yang sedang kau hadapi,apapun keadaan hatimu ,bagaimanapun perasaanmu ,kau akan selalu terlihat sebagai seorang ksatria ,yang gagah,dan siap mengemban setiap tugas bagaimanapun keadaanya.
sama hal nya dengan kedua jam tangan yang kau pegang itu…yang emas imitasi,bagaimanapun di lapisi oleh pewarna emas setebal-tebalnya harganya tidak akan jauh naik,hanya sekitar 100 ribu saja,bahkan semakin lama dipakai akan semakin turun harganya.
Namun bila dibandingkan dengan jam emas yang asli meski telah jatuh ke tempat sampah,telah tertendang dan terseret 10 meter tercebur dikolam selama beberapa jam ,tapi tetap nilainya akan tetap tinggi , 'SEMAKIN LAMA HARGANYA AKAN SEMAKIN MAHAL MENGIKUTI HARGA PASAR NYA PADA SAAT ITU '.
Maka,cobalah kau mulai bentuk dan bangun karaktermu dengan sebaik-baiknya dari awal, kau mau seperti apa?????"



(nasehat untuk diriku sendiri)



JELATANG





Salam Penuh Cinta Untuk Semua PeCinta-Nya

2 komentar:

  1. Terima kasih kak,semoga Sang Khalik mau terus menggunakan saya,dan memberikan semangat untuk terus menulis....


    Salam Penuh Cinta Untuk Semua PeCinta-Nya

    BalasHapus